Search
  • onepiecezoneoffici

Biografi Prabowo Subianto Yang Jadi Menteri Pertahanan periode 2019 hingga 2024



Profil dan Biografi Prabowo Subianto. Ia dikenal sebagai pendiri partai Gerindra sekaligus ketua umumnya. Prabowo juga merupakan calon Presiden pada Pilpres tahun 2019. Ia juga diketahui beberapa kali menjadi kontestan calon Presiden dan Wakil Presiden di beberapa putaran pemilu presiden sejak tahun 2004. Prabowo juga dikenal sebagai salah satu tokoh kontroversial ketika masa era reformasi 1998.


Biodata Prabowo Subianto


Nama Lengkap : Prabowo Subianto Djojohadikusumo

Lahir : 17 Oktober 1951, Jakarta

Agama : Islam

Orang Tua : Prof Soemitro Djojohadikusumo (ayah), Dora Marie Sigar (ibu)

Saudara : Hashim Djojohadikusumo, Maryani Djojohadikusumo, Bianti Djiwandono

Istri : Siti Hediati Hariyadi

Anak : Didit Prabowo

Kekayaan : 1.9 Triliun Rupiah (elhkpn.kpk.go.id, 2018)


Baca Juga : Profil Dan Biodata Thomas Alva Edison


Biografi Prabowo Subianto


Biodata Prabowo Subianto - Prabowo Subianto dilahirkan dengan nama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo ini sudah banyak pengalaman di berbagai bidang seperti Militer, Pengusaha serta Dunia Politik yang ia geluti akhir-akhir ini.


Di Pemilu 2019, ia diusung oleh Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya) untuk maju menjadi Calon Presiden Republik Indonesia tahun 2019 setelah gagal dalam pemilu 2004, 2009 dan 2014 yang lalu. Banyak Kontroversi yang di alamatkan kepada Prabowo Subianto semasa ia berkarier Militer.


Baca Juga Profil dan Biodata Ronaldinho


Masa Kecil Prabowo


Prabowo Subianto dilahirkan pada tanggal 17 Oktober 1951, Prabowo merupakan anak dari pakar Ekonomi Indonesia pada zaman Soekarno dan Soeharto yaitu Prof Soemitro Djojohadikusumo. Ibu Prabowo bernama Dora Marie Sigar yang berasal dari Manado.

Dilansir dari Tribunnews.com, Prabowo Subianto mengikuti kepercayaan ayahnya yakni Islam, sementara adik serta kakaknya mengikuti kepercayaan ibunya yang beragama Kristen Protestan dan Katolik.


Dilihat dari silsilah keluarga Prabowo Subianto juga merupakan cucu dari Pendiri Bank Indonesia dan juga anggota BPUPKI untuk kemerdekaan Indonesia yaitu Raden Mas Margono Djojohadikusumo.


Baca Juga : Profil Dan Biodata Nelson Mandela


Dilihat dari Keluarganya Prabowo memiliki dua orang kakak perempuan yang bernama Bintianingsih dan Mayrani Ekowati, serta satu orang adik laki-laki yang kini menjadi seorang pengusaha handal yang bernama Hashim Djojohadikusumo.


Prabowo mulai bersekolah di Sekolah Sumbangsih, Jakarta ketika usianya lima tahun. Pada tahun 1957 ketika pemberontakan PRRI pecah, Ayah Prabowo, Prof Soemitro Djojohadikusumo membawa semua keluarganya termasuk prabowo mengungsi ke Padang menumpang pesawat Dakota DC-3.


Baca Juga Profil dan Bidata Raffi Ahmad


Hidup Berpindah-Pindah


Pemerintahan Soekarno kala itu mencurigai Prof Soemitro Djojohadikusumo terlibat dalam gerakan pemberontakan tersebut. Akhirnya Prof Soemitro Djojohadikusumo memboyong semua keluarganya pindah ke Singapura pada tahun 1958.


Prabowo kemudian disekolahkan di British Elementary School, Singapura. Namun gejolak politik negara Singapura kala itu yang lebih memilih menjaga hubungan baik dengan presiden Soekarno membuat Prabowo beserta orang tuanya pindah ke Hongkong pada tahun 1962.


Di Hongkong, Ayahnya mendaftarkan Prabowo beserta saudaranya di Glenealy Junior School. Ayahnya membuka bisnis konsultan ekonomi disana. Namun Prabowo hanya tinggal dua tahun disana dan pindah ke Kuala Lumpur, Malaysia.


Baca Juga Profil Dan Biodata Shawn Michael


Masa Remaja


Menurut beberapa sumber mengenai biografi Prabowo Subianto, Di Malaysia, ia bersekolah di Victoria Institute. Namun konfrontasi antara Malaysia dan Indonesia terjadi pada tahun 1963. Prof Soemitro Djojohadikusumo secara terang-terangan membela Indonesia, bangsanya sendiri walaupun kala itu ia sering menentang Presiden Soekarno.


Prabowo dan keluarganya akhirnya pindah ke Zurich, Swiss. Di negara tersebut, Prabowo bersekolah di American International School dan mulai belajar bahasa Jerman dan Prancis. Namun belum lama disana, Pemerintah Swiss menolak suaka politik dari Prof Soemitro Djojohadikusumo dan keluarganya.


Akhirnya Prof Soemitro Djojohadikusumo memboyong istri dan anak-anaknya termasuk Prabowo Subianto ke Inggris sebab pemerintah Inggris mau memberikan mereka izin tinggal permanen disana. Prabowo kemudian kembali melanjutkan sekolahnya di American International School hingga tahun 1968. Setelah itu Prabowo kemudian kembali ke Indonesia.


Baca Juga Profil dan Biodata Mark Zuckerberg


Masuk Sekolah Militer


Pada tahun 1970, Prabowo Subianto muda memulai kariernya saat ia mendaftarkan diri di Akademi Militer Magelang, Ia kemudian Lulus pada tahun 1974 dari Akademi Militer, kemudian pada tahun 1976, ia ditugaskan sebagai Komandan Pleton Para Komando Grup I Komando Pasukan Sandhi Yudha (Kopassandha) dan ditugaskan sebagai bagian dari operasi Tim Nanggala di Timor Timur.


Prabowo Subianto kemudian menikah dengan Titiek yang merupakan anak Presiden Soeharto. Pernikahan Prabowo dengan titiek berakhir tidak lama setelah Soeharto mundur dari jabatan Presiden Republik Indonesia.


Dari pernikahannya dengan Titiek, Prabowo dikaruniai seorang anak, Didiet Prabowo. Didiet tumbuh besar di Boston, AS dan sekarang tinggal di Paris, Perancis sebagai seorang desainer.


Setelah kembali dari Timor Timur, karir militernya Prabowo terus melejit. Pada tahun 1983, Prabowo dipercaya sebagai Wakil Komandan Detasemen 81 Penanggulangan Teroris (Gultor) Komando Pasukan Khusus TNI AD (Kopassus).


2 views0 comments